Kamis, 10 Januari 2013

gubernur

Ahok: Kata Profesor, 70% yang Masuk RSCM Bisa Ditangani di Puskesmas

Nur Khafifah - detikNews
Jakarta - Kesehatan adalah investasi berharga. Sehingga menurut Wagub Basuki T Purnama, mencegah penyakit harus ditanamkan sejak kecil.

"Kata profesor di RSCM 70 persen yang masuk di RSCM sebenarnya bisa ditangani di puskesmas dan 90 persen yang masuk di puskesmas, sebenarnya tidak perlu masuk puskesmas kalau dia mengerti konsep pencegahan penyakit," ujar Ahok.

Ahok mengatakan itu dalam pidatonya setelah menyerahkan hadiah pada pemenang lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Jakarta di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2013). Hadiah yang diberikan Ahok pada pemenang lomba UKS berupa tas ransel bertuliskan TNI dan piala. Peserta lomba UKS ini dari TK hingga SMA.

Menurut Ahok, kesehatan itu akan menjadi beban bagi anggaran DKI. Lebih parah lagi masalah kesehatan menurunkan daya saing masyarakat di kancah internasional jika tidak ditanamkan sejak dini.

Ahok masih ingat ucapan guru SD-nya yakni setelah menyabuni badan saat mandi jangan langsung disiram. Ahok juga ingat ucapan gurunya jika beli jajan harus cuci tangan terlebih dulu.

"Saya masih ingat meskipun sudah 47 tahun lalu. Kalau hal seperti itu diajarkan di sekolah bisa jadi perilaku dan jadi gaya hidup dan akan terus berkesinambungan," kata ayah 3 anak ini.

Ahok juga teringat saat dia dan ibunya sakit dan dibawa ambulans, sopir ambulans berkata kepadanya bahwa investasi adalah uang.

"Saya dan ibu saya waktu itu sakit. Terus dibawa pakai ambulans. Terus sopir ambulansnya bilang, "Ibu enak ya bu kalau jadi orang mampu tinggal panggil ambulans dibawa ke RS." Banyak orang berpikir investasi itu hanyalah uang.
Orang tua saya tidak begitu. Anak-anak kami itulah deposito, kata ibu saya. Jadi bukan hanya harta," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ahok baru tersadar jika dirinya sekarang merupakan Ketua UKS.

"Ini baru pertama kalinya kita bertemu dan saya pun baru sadar kalau saya ketua UKS," ucap Ahok. Ucapan Ahok ini disambut tawa ratusan orang peserta lomba UKS dari TK hingga SMA.

Namun Ahok meminta hal itu dimaklumi. Sebab dirinya baru 3 bulan menjadi wagub.

"Mungkin kami belum tahu semua sebetulnya. Maklum 3 bulan mungkin banyak yang belum tahu," kata mantan anggota DPR Komisi II ini.

Sekadar diketahui, berdasarkan Perda No 32/2004, Wagub memegang 12 jabatan ex-officio. Di urutan pertama, Wagub adalah Ketua Tim Pembina UKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar