Kamis, 10 Januari 2013

Tips Mengajarkan Anak Jika Tidak Berkata Sopan

Tips Mengajarkan Anak Jika Tidak Berkata Sopan
Anak berkata tidak sopan saat bertamu atau mengenal orang baru? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasainya? Apakah langsung memarahi mereka di depan tamu atau mendiamkannya? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak jika berkata tidak sopan :
Jangan memarahi anak
Marah bukanlah solusi yang tepat untuk mengajarkan anak berkata sopan, justru akan membuat anak ketakutan. Jika anak memang membuat Anda malu karena ucapan tidak sopannya, segeralah minta maaf. Setelah itu berilah pemahaman padanya agar tidak mengulangi perkataan tersebut.
Berbahasa yang baik
Mengajarkan anak untuk berkata sopan memang gampang-gampang susah, anak baru mengenal kosa kata saat berumur 1,5 tahun. Mereka belum mengetahui artinya, namun dengan mimik si pengucap mereka akan mengerti apa yang di maksud dalam pembicaraan tersebut. Solusinya, Anda harus dapat menjadi orangtua yang bijkasana untuk mengawasi pembicaraan anak. Ajarilah mereka dengan kata-kata sopan dan dapat di mengerti dengan baik, bukan mengenalkan bahasa-bahasa aneh.
Kendalikan sikap Anda
Anak tentu akan mengikuti tingkah dan ucapan dari orangtua atau orang sekitarnya. Kendalikanlah sikap Anda saat sedang berbicara dengan orang mengenai hal yang tidak seharusnya diketahui oleh anak, atau jika marah usahakan jangan di depan anak. Dengan berkata lembut kepada mereka, pasti anak akan mengerti dan mengikuti sikap dan perkataan dari orangtuanya dan orang lain.
   Semoga tips mengajarkan anak untuk berprilaku dan berkata sopan tersebut membantu Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar