Kamis, 10 Januari 2013

Penangkal Petir

 
Instalasi Penangkal Petir Terbaik Dan Termurah Di Indonesia :
Penangkal petir, penangkal petir rumah, penangkal petir gedung, penangkal petir kantor, penangkal petir pabrik ditempat anda bermasalah ?
Maukah anda memiliki instalasi penangkal petir terbaik dan termurah yang sanggup melindungi bangunan rumah, kantor dan pabrik anda serta seluruh instalasi jaringan data, listrik dan telpon ditempat anda ?
PT . Megah Alam Semesta sanggup menyediakan jasa instalasi penangkal petir terbaik dan penangkal petir termurah di Indonesia
 
PT. Megah Alam Semesta adalah perusahaan penyedia solusi instalasi penangkal petir terbaik dan termurah di Indonesia
 

Penangkal Petir

 
Penangkal Petir Hanya Bekerja 90%, Sisa Tergantung Faktor Alam :
Petir merupakan gejala alam yang sangat komplek, pemasangan penangkal petir hanya dapat bekerja secara efektif sekitar 90%, sedangkan yang 10% lainnya sangat-sangat ditentukan oleh faktor alam atau gejala alam
Contoh :
- Air Terminal Konvensional
- Air Lightning Terminal
PT. Megah Alam menyediakan Jasa Instalasi :
Penangkal Petir, Penangkal Petir Rumah, Penangkal Petir Gedung, Penangkal Petir Kantor, Penangkal Petir Pabrik dengan menggunakan
Penangkal Petir Terbaik dan Penangkal Petir Termurah
 
Penangkal Petir Untuk Memperlancar Jalan Bagi Petir :
Penangkal petir adalah rangkaian jalur yang digunakan untuk memperlancar jalan bagi petir yang akan menuju ke permukaan perut bumi, tanpa merusak bangunan dan peralatan yang dilewatinya. Ada 3 bagian utama pada penangkal petir:
  1. Batang penangkal petir (Konvensional dan Sistem Radius)
  2. Kabel konduktor murni penangkal petir
  3. Tempat pembumian / Pentanahan penangkal petir

Batang penangkal petir
- Penangkal Petir Konvensional
- Penangkal Petir Sistem Radius

Batang penangkal petir berupa batang tembaga murni yang ujungnya runcing.
Ini merupakan ciri sistem penangkal petir konvensional ciptaan Benyamin Franklin ( Bapak Penangkal Petir Dunia ). Berkat penemuan penangkal petir konvensional ini, Benyamin Franklin telah menyelamatkan harta dan nyawa jutaan manusia di seluruh dunia. Kenapa batang tembaga penangkal petir konvensional dibuat runcing, hal ini karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian dapat memperlancar proses tarik menarik dengan muatan listrik yang ada di awan menuju ke batang tembaga penangkal petir yang runcing ini. Batang tembaga penangkal petir yang runcing ini dipasang pada bagian puncak suatu bangunan. Dan semua sistem penangkal petir konvensional bekerja persis seperti ini.

Kabel konduktor

Kabel konduktor terbuat dari jalinan kawat tembaga ( Kawat tembaga khusus untuk penangkal petir ). Diameter jalinan kabel  konduktor sekitar 1 cm hingga 2 cm . Kabel konduktor berfungsi meneruskan aliran muatan listrik dari batang tembaga penangkal petir yang bermuatan listrik menuju ke tanah. Kabel konduktor penangkal petir tersebut dipasang pada dinding di bagian luar bangunan dan sebaiknya dilapisi bahan isolasi untuk yang menuju ke bawah tanah. Supaya hasil instalasi penangkal petir bisa bekerja dengan baik, semua material tembaga petir ( spit penangkal petir ) dan kawat tembaga harus  khusus untuk instalasi penangkal petir. Hal ini supaya hasil instalasi penangkal petir bisa bekerja dengan efektif. Selain sistem penangkal petir konvensional, saat ini juga telah diciptakan penangkal petir sistem radius. Sistem penangkal petir jenis ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan sistem penangkal petir konvensional. Kelebihan sistem penangkal petir radius adalah memiliki cakupan wilayah proteksi terhadap petir yang jauh lebih luas, namun sistem ini harus memiliki sistem grounding penangkal petir yang benar-benar bekerja dengan baik dan sebaiknya memiliki grounding yang jauh dibawah nilai resistansi 1 Ohm. Oleh karena sistem penangkal petir radius ini mencakup wilayah yang sangat luas, maka kemungkinan petir yang masuk melalui alat penangkal petir radius tersebut jauh lebih luas dan banyak. Artinya frekwensi masuknya petir melewati penangkal petir tersebut jauh lebih sering. Oleh karena itu sistem penangkal petir radius ini berserta grounding nya harus benar-benar bekerja. Kalau tidak petir akan masuk ke wilayah yang dicakup oleh sistem penangkal petir radius tersebut.

Tempat pembumian

Tempat pembumian ( grounding ) berfungsi mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor ke batang pembumian (ground rod) yang tertanam di tanah. Batang pembumian terbuat dari bahan tembaga berlapis baja, dengan diameter 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 - 3 m .
 
Cara kerja Penangkal Petir :
Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor , menuju ke ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir tidak mengenai bangunan. Tetapi sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat jaringan listrik dan bahayanya dapat merusak alat-alat elektronik di bangunan yang terhubung ke jaringan listrik itu, selain itu juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk mencegah kerusakan akibat jaringan listrik tersambar petir, biasanya di dalam bangunan dipasangi alat yang disebut penstabil arus listrik (surge arrestor).
 
Solusi Murah Pemasangan Penangkal Petir, Penangkal Petir Rumah, Penangkal Petir Gedung, Penangkal Petir Kantor, Penangkal Petir Pabrik, Penangkal Petir Terbaik, Penangkal Petir Termurah
Penelitian Dan Riset Awal Tentang Penangkal Petir
Riset modern Tetang Penangkal Petir :
Meskipun eksperimen dari masa Franklin menunjukkan bahwa petir adalah sebuah discharge dari listrik statik, hanya ada sedikit peningkatan dalam teori ini selama lebih dari 150 tahun. Pendorong untuk riset baru berasal dari bidang teknik tenaga : jalur transmisi tenaga digunakan dan teknisi ingin mengetahui lebih banyak tentang petir. Meskipun sebabnya diperdebatkan (dan masih berlanjut sampai sekarang), riset menghasilkan banyak informasi baru tentang fenomena petir, terutama jumlah arus dan energi yang terdapat.
 
Perlindungan terhadap Sambaran Petir :
Manusia selalu mencoba untuk menjinakkan keganasan alam, salah satunya adalah bahaya sambaran petir. Ada beberapa metode untuk melindungi diri danlingkungan dari sambaran petir. Metode yang paling sederhana tapi sangat efektif adalah metode Sangkar Faraday. Yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang dihubungkan dengan pembumian atau grouding.
Petir merupakan suatu peristiwa alam yang sering terjadi di bumi, terjadinya seringkali mengikuti peristiwa hujan baik air atau es, peristiwa ini dimulai dengan munculnya lidah api listrik yang bercahaya terang yang terus memanjang kearah bumi dan kemudian diikuti suara yang menggelegar dan efeknya akan fatal bila mengenai mahluk hidup dan semua bangunan yang ada disekitarnya.
Instalasi Penangkal Petir & Lightning Conductor
Penangkal Petir Yang Tidak Kerja Sangat Berbahaya :
Pada umumnya Penangkal petir dan Grounding yang tidak sempurna akan membahayakan peralatan jaringan komputer. Wireless outdoor yang terpasang yang tidak disertai penangkal petir dan grounding yang sempurna dapat menyebabkan petir merusak server pusat data. Jadi segera periksa dan selamatkan server anda !   Bila Penangkal Petir dan Grounding tersebut tidak bekerja dengan baik, sebaiknya dilakukan ulang instalasi penangkal petir tersebut sampai menghasilakn nilai ohm yang semestinya. Nilai Penangkal Petir dan Grounding tersebut harus mencapai maksimal dibawah 2 Ohm.
Untuk mengatasi masalah bencana yang diakibatkan oleh petir, kami menyediakan jasa paket instalasi penangkal petir yang cukup efektif. Jasa ini  menggunakan material penangkal petir yang terbaik dan termurah yang kami rangkai berdasarkan pengalaman kami selama puluhan tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar