Kamis, 10 Januari 2013

Dampak positif internet bagi pelajar

Dampak positif internet bagi pelajar

Click Here

Dampak positif internet

Penggunaan internet tidak dapat dipisahkan lagi dari hidup kita, terutama bagi pelajar. Ada banyak hal yang dapat dipetik dari internet, berhubungan dengan dampak positif internet bagi pelajar. Dampak internet bagi pelajar dapat dirasakan berdasarkan cara penggunaannya. Dampak positif internet bagi pelajar sifatnya tidak mutlak dikarenakan penilaiannya tidak sama secara personal. Namun secara umum, dampak positif internet bagi pelajar dapat disimpulkan dalam beberapa bagian besar.
dampak positif internet bagi pelajar
Dampak positif internet bagi pelajar adalah pada bagian informasi. Pelajar dapat menelusuri dan mengetahui banyak hal dari internet. Jika pada masa sebelum ada internet informasi adalah hal yang terbatas, tidak lagi pada masa kini. Internet dapat membantu pelajar menemukan informasi apa saja yang mereka butuhkan, terutama yang berkaitan dengan tugas dan pelajaran sekolah. Dulu ilmu pengetahuan hanya ada jika dicari dalam buku atau bertemu dengan orang yang lebih pintar. Oleh karena itu penyebaran ilmu dan informasi menjadi sangat lambat, tidak banyak dan sangat mahal.
Dengan internet, seorang pelajar dapat mengetahui banyak hal hanya dengan mengetikkan kata kunci yang ingin dicari olehnya. Tidak berapa lama, maka daftar halaman artikel yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan muncul dalam jumlah yang luar biasa banyaknya. Hal ini tentu sebuah efektifitas yang tidak dapat lagi disangkal keberadaannya. Dari segi biaya pun akan lebih murah karena dengan beberapa ribu rupiah sudah dapat mengakses internet. Jauh lebih murah daripada membeli buku yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan ribu. Selain itu waktu yang digunakan juga relatif singkat, sehingga pelajar tidak membuang waktu hanya mencari literatur saja.
Dampak positif internet bagi pelajar yang lain adalah untuk mereka yang gemar menulis. Pelajar dapat membuat blog yang memuat tulisan mereka sendiri dan dapat dipublikasikan. Tulisan sesederhana apapun bisa saja bermanfaat bagi orang lain. Namun yang perlu diperhatikan adalah kedewasaan dalam menulis supaya tidak menyinggung perasaan kelompok tertentu yang bisa menimbulkan masalah. Tulisan yang baik adalah tulisan yang bisa diterima atau setidaknya memiliki rambu-rambu yang dapat membuat orang dapat memahami isi tulisan tanpa harus tersinggung dan marah.
Tulisan apapun di internet dapat menjadi referensi sepanjang masa. Internet adalah media yang terus terhubung selama dua puluh empat jam tanpa berhenti. Media ini diusahakan masih ada selama dunia juga masih ada. Jadi tulisan yang dibuat oleh pelajar bisa bermanfaat dan bisa dibaca dari generasi ke generasi. Tentu saja internet bisa menjadi metode belajar yang mengasyikkan. Terutama bagi mereka yang menyukai cara belajar sendiri atau otodidak. Selain itu internet juga dikembangkan menjadi media e-learning yang dapat mengatasi permasalahan di dalam kelas dimana pembelajaran kadang berjalan kurang sempurna.
Selain dalam hal pembelajaran formal, pelajar juga bisa belajar berbisnis. Pelajar yang memiliki produk dapat memajang foto produknya disertai detail, harga dan alamat kontak untuk ditawarkan kepada pengguna internet. Pelajar tidak perlu menunggu tokonya karena ia dapat menjalankan itu dimana saja. Ketika ada pesanan, baru barang akan dikirim. Dampak positif lain adalah komunikasi antar pelajar yang terus terjalin meskipun sudah tidak berada di sekolah. Hal ini dapat menambah keakraban dan intensitas yang tinggi. Dengan seringnya komunikasi, maka rasa solideritas antara pelajar dapat terjalin dengan baik.
Namun dari semua dampak positif diatas, pasti ada dampak negatif internet yang menyertainya. Salah satunya adalah ketergantungan terhadap internet dapat pula menyebabkan hal yang tidak baik bagi pelajar. Apapun yang berlebihan itu tidak baik, seperti nternet yang baik, namun jika berlebihan akan menjadi tidak baik juga. (iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar