Sabtu, 17 November 2012

4 Cara Tak Dihapus dari Pertemanan di Facebook

4 Cara Tak Dihapus dari Pertemanan di Facebook

Supaya pertemanan di Facebook tidak dihapus perlu kita pelajari. Jika menjadi teman di facebook terhapus membuat kita penasaransekali. Facebook mempunyai fitur untuk mengetahui siapa teman yang memutuskan hubungan dengan Anda. Lalu,  Anda tiba-tiba menyadari, ada beberapa teman Anda yang menghilang dari daftar teman Anda. Padahal, mereka termasuk orang yang Anda segani, lho. Apa sebabnya mereka mengundurkan diri sebagai teman? Apa salah Anda ?

Kemungkinan, Anda telah melanggar aturan tak tertulis mengenai pertemanan di Facebook. Studi yang dilakukan Arizona State University di Amerika belum lama ini membandingkan persepsi mahasiswa mengenai pertemanan di dunia nyata dengan dunia Facebook. Diskusi kelompok yang diikuti 44 mahasiswa berusia 19-24 tahun membahas mengenai aturan agar sukses dalam berteman di jejaring sosial. Nah, empat aturan berikut ini dipertimbangkan sebagai yang paling penting untuk menjaga hubungan dengan teman atau kenalan di Facebook.

Selalu merespons pesan-pesan dan "posting"-an teman
Ketika seseorang meng-update status atau mem-posting tulisan atau foto-foto, ia pasti berharap teman-temannya akan mengomentari posting-annya. Apalagi jika ia mengirimkan pesan secara pribadi di inbox Anda. Jika Anda tidak membalas pesan tersebut, mengomentari, atau berkomentar balik, hal itu akan membuat Anda hanya seperti sekadar teman di dunia maya, bukan teman yang sesungguhnya. Jika Anda memang sedang sibuk, kirimkan pesan singkat bahwa Anda akan mengontaknya belakangan.

Jangan menodai foto teman
Tidak semua orang senang melihat tagging foto yang menampakkan diri mereka dalam posisi atau penampilan yang memalukan. Maka, Anda perlu perlu berpikir dua kali sebelum men-tag foto seorang teman yang berpotensi membuatnya merasa malu. Apalagi teman ini baru mengetahuinya belakangan, setelah orang lain dalam daftar temannya di Facebook mengetahuinya lebih dulu.
"Jika Anda mencoba memproyeksikan diri Anda sebagai orang yang sangat profesional, dan sedang berusaha mendapatkan pekerjaan, sementara teman Anda mem-posting sesuatu yang memalukan tentang Anda, artinya teman Anda ini menodai reputasi Anda," kata Erin Bryant, peneliti yang juga kandidat doktor di Arizona State University.

Kirimkan pesan "happy birthday"
Ketika seorang teman berulang tahun, biasanya Facebook Wall-nya akan dibanjiri ucapan selamat dari teman-temannya. Kiriman ucapan Anda mungkin hanya menjadi satu dari puluhan atau ratusan ucapan selamat tersebut, dan teman Anda mungkin tidak sempat membaca dan membalas ucapan tersebut satu per satu. Namun, mengirimkan ucapan selamat ulang tahun merupakan kesempatan untuk menjaga "silaturahim" dengan teman di Facebook yang jarang berhubungan dengan Anda. Bukankah itu sebabnya kita mempunyai akun Facebook agar selalu terhubung dengan teman bukan?
"Kita jarang menggunakan Facebook dengan kenalan biasa, tetapi apa yang kita lakukan sebenarnya jauh lebih penting. Itulah salah satu upaya kecil untuk membuat koneksi dengan mereka," tambah Bryant.

Tahan keinginan untuk melampiaskan kekesalan
Masalah dengan seorang teman sebaiknya tidak dibawa-bawa ke jejaring sosial. Apalagi kemudian Anda mengirim sebuah pesan yang seharusnya hanya diketahui teman Anda ini melalui wallAnda sendiri. Tak ada seorang pun, khususnya kolega bisnis atau klien Anda, yang ingin membaca isi hati Anda yang terdalam, dan terkesan culas. Sisi buruk dari diri Anda akan terlihat dengan jelas, dan hal ini menimbulkan kesan yang tidak profesional. Simpanlah kemarahan Anda di jurnal pribadi, bukan di tempat umum seperti di dinding pesan di Facebook!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar